Mari Bicara Seks Dengan Remaja

Seks merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Seks tidak hanya berkutat pada aktifitas fisik yakni hubungan kelamin antara pria dan wanita tetapi lebih ke masalah pengetahuan tentang seluk beluk diri sebagai seorang pria atau wanita. Itulah sebabnya mengapa membicarakan seks dengan anak anak sangat penting.
Jika ilmu pengetahuan tentang seks tidak didapatkan anak dari orang tua maka ia akan memperolehnya dari sumber lain yang belum tentu benar. Saat yang tepat membicarakan seks dengan anak adalah saat mereka memasuki usia remaja atau saat akan memasuki bangku SMP.
Apa sih pentingnya bicara seks dengan anak?
Membicarakan seks dengan anak sangat penting untuk membantu mereka membangun perilaku seksual yang sehat dan bertanggung jawab atas segala akibat dari aktifitas seksual yang mereka lakukan. Berbicara secara terbuka tentang seks dengan anak juga membantu anak memperoleh informasi yang benar tentang seksualitas. Jika mereka belajar dari sumber lain, belum tentu apa yang mereka pelajari itu benar atau sesuai dengan norma yang berlaku di keluarga. Dilain pihak, mereka juga harus tahu segala konsekuensi dari aktifitas seksual yang mereka lakukan seperti kehamilan, penyakit menular seksual dan faktor emosional yang menyertainya.
Jika bicara seks dengan anak, tidakah malah membuat mereka ingin melakukannya?
Sangatlah penting bagi anak anak untuk mengerti perasaan yang berhubungan dengan masalah seksual sebelum mereka benar benar aktif melakukannya. Fakta membuktikan, remaja yang suka berdiskusi tentang seks dengan orang tuanya lebih jarang jatuh ke pergaulan bebas dan lebih memilih melakukan aktifitas seksual yang sehat.
Apa saja yang harus diketahui oleh anak tentang seks?
Pertama tama, fokuslah pada masalah seks. Berikut beberapa pegangan yang bisa anda gunakan saat membicarakan seks dengan anak.
  • Jelaskan tentang anatomi tubuh pria dan wanita.
  • Jelaskan tentang hubungan seksual dan kehamilan.
  • Jelaskan tentang kesuburan dan keluarga berencana.
  • Jelaskan tentang bentuk lain dari aktifitas seksual seperti seks oral, masturbasi dan petting.
  • Jelaskan dengan benar tentang orientasi seksual seperti heteroseksual, homoseksual dan biseksual.
  • Jelaskan tentang aspek emosional dari seks seperti perbedaan yang terjadi antara pria dan wanita.
  • Jelaskan tentang penyakit menular seksual.
  • Jelaskan tentang perkosaan termasuk berbahayanya kondisi mabuk yang dapat mempermudah perkosaan serta bahayanya pergi ke tempat asing dengan seseorang yang belum dikenal baik.
  • Jelaskan cara memilih pakaian yang tidak membangkitkan gairah seksual pasangan.
Bagaimana cara ngomongin seks dengan anak?
Banyak orang tua yang tidak nyaman membicarakan seks dengan anak. Caranya ya sebagai orang tua anda harus belajar dan berlatih sebelum benar benar bicara dengan anak tentang seks. Pastikan anda bisa menjadi pendengar yang baik dan memperhatikan sepenuhnya saat anak anda bicara. Banyak anak yang malu membicarakan seks dengan orang tua sehingga sebagai orang tua anda jangan membicarakan langsung ke topik. Cobalah cari momen yang baik, misalnya saat melihat adegan di teve atau film. Ingatlah untuk menjaga privasi anak anda dan percayakan sepenuhnya kepada mereka untuk memutuskan apa yang terbaik untuk dirinya.

1 komentar:

Unknown said...

Nice post gan :-)

 

© Copyright Alam Perwira | Born to Glory Template Created By : Alam Perwira and original template by Denzdii | Powered By : Blogger